‘Senjata’ Samsung Galaxy S4 Menantang iPhone

'Senjata' Samsung Galaxy S4 Menantang iPhone  

 

New York – Samsung Electronics menyingkap generasi anyar Galaxy S4. Dibanding pendahulunya yang laris di pasaran, S III, model terbaru ini memiliki layar yang lebih tajam dan lebih lebar.

 

Peluncuran Galaxy S4 di Amerika Serikat dilakukan di Radio City Music Hall, dalam sebuah acara diiringi oleh orkestra dengan sentuhan Broadway. Sebanyak 17 aktor kemudian menunjukkan fitur ponsel baru itu.

 

Layar  Galaxy S4 adalah 5 inci, meski ukuran ponsel ini sedikit lebih ramping dari S III. Seri S4 juga dilengkapi dengan built-in dioda infra-merah, sehingga dapat berfungsi sebagai remote universal. Fitur ini telah muncul dalam tablet Android sebelumnya.

 

Beberapa teknologi baru juga dikenalkan. Misalnya, saat jari melayang tepat di atas layar, beberapa aplikasi bereaksi. Pengguna juga dapat mengontrol beberapa aplikasi lain dengan membuat gerakan di udara di atas telepon. Aplikasi kamera memungkinkan kedua bagian depan dan belakang digunakan bersamaan, memasukkan gambar kecil pengguna bahkan saat dia menangkap adegan di depannya.

 

Samsung berencana untuk menawarkan Galaxy S 4 melalui 327 operator di 155 negara, memberikan jangkauan lebih luas dari iPhone 5 keluaran Apple.

 

Dalam dua tahun terakhir, Samsung telah muncul sebagai pesaing utama Apple di pasar smartphone high-end. Pada saat yang sama, mereka menjual ponsel low-end dengan harga murah, “memakan” pangsa Nokia Corp yang sebelumnya merupakan pembuat ponsel terbesar di dunia.

 

Seri Galaxy menjadi senjata utama Samsung dalam perang di ranah smartphone, dan berhasil membuat merek mereka terkerek. Samsung telah menjual 100 juta ponsel Galaxy S sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. Namun angka ini masih di bawah 268 juta iPhone yang terjual pada periode yang sama.

 

Perusahaan riset Strategy Analytics mengatakan Galaxy S III menyalip iPhone 4S sebagai smartphone terbaik di dunia tahun lalu. Namun iPhone 5 mengambil kembali mahkota itu pada kuartal keempat.

 

Salah satu cara Samsung menantang Apple adalah dengan meningkatkan ukuran layar. Setiap generasi berturut-turut dari seri Galaxy memiliki ukuran layar lebih besar dari  sebelumnya. Galaxy S III memakai layar  berukuran 4,8 inci, lebih besar dari layar iPhone 5. Kini, layar Galaxy 4S 56 persen lebih besar dari iPhone.

 

Dalam sebuah wawancara, pejabat Apple Phil Schiller menolak untuk membahas apakah mereka sedang mempertimbangkan memperbesar layar pada model iPhone berikutnya, yang diharapkan akan dirilis akhir tahun ini. Tak mengiyakan atau menolak, dia mengatakan Apple tetap yakin bahwa iPhone 5 adalah smartphone yang paling berguna dan elegan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s