Ingin Jadi Pemimpin Sukses Lakukan 15 Hal Ini Setiap Hari

Banyak orang heran bagaimana seorang pemimpin bisa ambil keputusan penting bahkan di saat penuh tekanan. Proses mereka membuat keputusan berasal dari akumulasi dari pengalaman dan pertemuan dengan banyak situasi berbeda, tipe kepribadian, serta kegagalan yang tak terduga. Lebih dari itu, proses pengambilan keputusan merupakan pemahaman yang mendalam dari pola perilaku yang senantiasa pertimbangkan sebab akibat. Dengan begitu seorang pemimpin akan percaya diri ambil langkah dan dapat secara cerdas memproyeksikan kemungkinan berhasil. Seperti dikutip dari Forbes, Senin (25/2/2013), para pemimpin paling sukses malah seringkali mengambil keputusan dengan insting. Setelah berkali-kali sepanjang karir mereka lakukan hal tersebut, mereka jadi kebal terhadap tekanan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan intuitif. Selain mengambil keputusan, pemimpin sukses di semua bidang telah belajar bagaimana menjalankan insting selama periode waktu tertentu. Mereka telah belajar mengantisipasi bisnis, mencari peluang dalam situasi tekanan, melayani orang-orang sulit, dan sebagainya. Tak heran jika para CEO ini dapat bayaran spektakuler. Berdasarkan data Equilar, sebuah perusahaan yang bekerja untuk The New York Times, pada tahun 2011, gaji CEO naik 5% jadi US$ 14,5 juta per tahun. Jika Anda ingin memajukan kapasitas kepemimpinan Anda. Lakukanlah 15 hal ini setiap hari untuk menjadi pemimpin yang sukses di tempat kerja:

1. Membuat orang lain merasa aman untuk bicara Seringkali pemimpin mengintimidasi rekan mereka melalui kekuasaan. Pemimpin sukses, alihkan perhatian dari diri sendiri kepada orang lain untuk dorong mereka suarakan pendapat. Pemimpin sukses adalah seseorang yang ahli membuat orang merasa aman berbicara dan percaya diri dari berbagai perspektif dan sudut pandang mereka. Jabatan eksekutif mereka justru digunakan untuk bisa mendekat dengan lingkungan.

2. Membuat keputusan Pemimpin sukses adalah seorang ahli pembuat keputusan. Mereka juga memfasilitasi dialog untuk memberdayakan rekan mereka untuk mencapai kesimpulan yang strategis atau mereka melakukannya sendiri. Mereka telah menguasai seni berpolitik dan dengan demikian tidak menyia-nyiakan waktu mereka pada isu-isu yang mengganggu momentum. Mereka tahu bagaimana membuat 30 keputusan dalam 30 menit.

3. Komunikasikan harapan Pemimpin sukses adalah komunikator yang hebat, dan ini terutama terlihat ketika mereka mengingatkan rekan mereka dari nilai-nilai inti organisasi dan pernyataan misi ekspektasi kinerja. Memastikan bahwa visi mereka diterjemahkan dengan benar, dapat ditindaklanjuti dan eksekusi yang benar pula.

4. Menantang orang berpikir Para pemimpin yang paling sukses memahami pola pikir rekan mereka, kemampuan dan area untuk perbaikan. Mereka menggunakan pengetahuan atau wawasan untuk menantang tim mereka untuk berpikir dan meregangkan mereka untuk meraih lebih. Jika Anda tidak berpikir, Anda tidak belajar hal-hal baru. Jika Anda tidak belajar, Anda tidak tumbuh – dan dari waktu ke waktu menjadi tidak relevan dalam pekerjaan Anda.

5. Jadilah akuntabel bagi orang lain Pemimpin sukses memungkinkan rekan mereka untuk mengelolanya. Bukan berarti mereka membiarkan orang lain untuk mengendalikan mereka – melainkan memiliki tanggung jawab untuk memastikan mereka bersikap proaktif dengan kebutuhan rekan-rekan mereka. Sekedar mentoring dan mensponsori karyawan terpilih, yang bertanggung jawab kepada orang lain merupakan tanda bahwa pemimpin Anda lebih terfokus pada kesuksesan Anda daripada hanya kesuksesan diri mereka sendiri.

6. Memberi contoh Memimpin dengan contoh kedengarannya mudah, namun beberapa pemimpin konsisten dengan yang satu ini. Pemimpin yang sukses mempraktekkan apa yang mereka khotbahkan dan sadar mereka harus lakukan itu. Mereka tahu semua orang melihat mereka dan oleh karena itu mereka punya intuisi gerak-geriknya akan banyak disorot orang lain, banyak diantaranya pengamat menunggu mendeteksi apa kekurangan kinerjanya.

7. Ukur dan hargai kinerja Pemimpin besar selalu memiliki ukuran tertentu untuk menilai anak buahnya. Dia juga sangat menghargai hasi kerja keras bawahannya

8. Menyediakan umpan balik berkelanjutan Karyawan ingin bos mereka tahu bahwa mereka sangat perhatian pada perusahaan, dan mereka menghargai wawasan setiap hari. Pemimpin sukses selalu memberikan umpanbalik secara resiprokal, sehingga menciptakan hubungan yang dapat dipercaya dengan rekan. Mereka memahami kekuatan perspektif dan telah belajar pentingnya umpan balik di awal karier mereka karena hal tersebut telah nyata menjadikan mereka aktif dalam kemajuan kerja.

9. Benar-benar mengalokasikan dan menyebarkan bakat Para pemimpin yang sukses tahu bakat-bakat mereka dan bagaimana menggunakannya. Mereka adalah para ahli dalam mengaktivasi kemampuan rekan mereka dan tahu persis kapan harus diberdayakan.

10. Ajukan pertanyaan, mencari nasehat Pemimpin sukses mengajukan pertanyaan dan mencari nasehat sepanjang waktu. Dari luar, mereka tampaknya tahu segalanya, namun di dalam, mereka memiliki kehausan akan ilmu dan terus-menerus berada di zona ingin mempelajari hal-hal baru karena komitmen mereka adalah untuk membuat diri mereka lebih baik melalui kebijaksanaan orang lain.

11. Memecahkan masalah Pemimpin sukses menangani masalah dan tahu bagaimana menemukan inti masalah. Mereka tidak menunda-nunda dan dengan demikian menjadi sangat mahir pada pemecahan masalah, karena mereka belajar dari masalah dan tidak sembunyi di zona nyaman. Kebanyakan mereka hidup dengan melakukan hal-hal yang kebanyakan orang tidak suka lakukan.

12. Energi dan sikap positif Pemimpin sukses menciptakan budaya kerja yang positif dan inspiratif. Mereka tahu bagaimana untuk mengatur nada dan membawa sikap yang memotivasi rekan mereka untuk mengambil tindakan. Itulah mengapa mereka ini sangat menyenangkan, dihormati dan berkemauan keras. Mereka tidak membiarkan kegagalan mengganggu momentum.

13. Jadilah guru besar Banyak karyawan di tempat kerja akan memberitahu Anda bahwa pemimpin mereka telah berhenti menjadi guru. Pemimpin yang sukses tidak pernah berhenti mengajar karena mereka begitu motivasi diri untuk belajar sendiri. Mereka mengajarkan rekan mereka baik informasi dan pengetahuan melalui statistik, tren, dan item berita lainnya. Pemimpin sukses meluangkan waktu untuk mentor rekan mereka dan membuat investasi untuk mensponsori orang-orang yang telah membuktikan mereka mampu dan bersemangat untuk maju.

14. Berinvestasi dalam hubungan Pemimpin sukses tidak fokus pada melindungi domain mereka – sebaliknya mereka memperluas dengan berinvestasi dalam hubungan yang saling menguntungkan. Pemimpin yang sukses mengasosiasikan dirinya dengan pimpinan lain – jenis orang yang dapat memperluas lingkup pengaruh mereka. Tidak hanya untuk kemajuan mereka sendiri, tetapi orang lain.

15. Benar-benar menikmati tanggung jawab Pemimpin sukses senang menjadi pemimpin, bukan demi kekuasaan tetapi untuk dampak yang berarti dan tujuan dapat mereka ciptakan. Ini tentang kemampuan Anda untuk melayani orang lain dan hal ini tidak dapat dicapai kecuali jika Anda benar-benar menikmati apa yang Anda lakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s