Daun Pintu Menurut Kajian Feng Shui

Sidhi Wiguna Teh menganjurkan, jika hendak menggunakan daun pintu ganda, seyogianya ukuran kedua daun pintu itu sama besar. Jangan sampai terjadi satu daun pintu besar, sementara satu daun pintu lebih kecil.

“Daun pintu yang tidak sama ukurannya, menandakan ketidakseimbangan. Dalam ilmu feng shui, laki-laki itu berada di sebelah kiri, sedangkan perempuan di sebelah kanan. Jika daun pintu sebelah kiri lebih kecil, berarti sang suami tertekan. Sebaliknya, jika daun pintu sebelah kanan lebih kecil, berarti sang istri yang tertekan. Padahal, dalam sebuah rumah sebaiknya semua seimbang,” terang Sidhi panjang lebar.

Tekanan sebagai efek dari ketidakseimbangan daun pintu, imbuh Sidhi,  dapat berbentuk ketidaknyamanan dan tekanan psikologis maupun fisik. “Jadi, keseimbangan ukuran pun menjadi penting di sini,” katanya.


Bahan Baku, Ukuran, dan Warna

Kemudian, bagaimana dengan bahan baku daun pintu maupun kusen? Bagi Sidhi, bahan baku pintu  tidak terlalu menjadi masalah, yang penting pintu harus sesuai dengan fungsinya.

Untuk rumah tinggal, kata Sidhi, idealnya pintu berbentuk solid, sementara pintu kantor biasanya transparan. “Jadi, kita lebih melihat fungsinya, sementara bahan baku disesuaikan dengan fungsi tersebut,” ucapnya. “Untuk pintu, perhitungan kua si penghuni lebih penting, sementara bahan baku tidak terlampau penting.”

Sementara itu, ukuran pintu utama sebaiknya lebih besar daripada pintu lainnya di dalam rumah. Ukurannya sangat tergantung pada porsi bangunan. “Yang penting ukuran pintu dengan ukuran bangunan proporsional. Jika rumah kita memiliki ukuran tinggi plafon 3,5 meter, maka kita memakai pintu setinggi dua meteran,” jelasnya.

Selain itu, warna juga kerap menjadi pertimbangan dalam ilmu feng shui. Terkait dengan pintu, Sidhi menegaskan, warna memberi efek yang kecil sekali. Tetapi, kendati bukan hal utama, warna bisa saja digunakan untuk mempertinggi nilai feng shui sebuah pintu atau rumah.

“Hal yang utama tetap arah hadap pintu dan posisi pintu terhadap bangunan tersebut,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s