Telkom Investasi Satelit Baru Tahun 2013

4e5a61b8a4cb3129a2265076a3d7b9da

Untuk memperkuat jaringan, memperbaiki layanan telekomunikasi dan untuk menggantikan satelit Telkom 3 yang gagal orbit pada Agustus 2012, PT  Telkom segera melakukan  tender pembangunan satelit baru Telkom pada tahun 2013. Hal ini diungkapkan oleh Indra Utoyo (Direktur IT Solutions & Strategic Portfolio Telkom), mengatakan perseroan  membutuhkan satelit baru karena perseroan saat ini membutuhkan tambahan transponder untuk mendukung ekspansi usaha di bidang telekomunikasi, informasi, media, dan edutainment (TIME). Selain itu, masa orbit satelit Telkom 1 akan selesai beberapa tahun mendatang. Penambahan satelit baru juga dilakukan untuk menekan biaya sewa transponder Telkom dari satelit asing.

Sejauh ini Telkom secara total hanya memiliki 69 transponder. Diharapkan dengan adanya satelit baru, akan menambah 49 transponder baru. Jumlah itu sama dengan jumlah transponder satelit Telkom 3 yang gagal terbit.

Telkom masih dalam proses tender, dan mematangkan rencana perusahaan untuk  meluncurkan satelit Telkom 3 atau tidak. Setelah tender dilakukan, masa pembangunan satelit diperkirakan memakan waktu 29 bulan dari start awal pembangunan satelit.

Pihak Telkom secara terbuka mengungkapkan nilai investasi untuk satelit baru kurang lebih sama dengan satelit Telkom 3, senilai US$ 185 juta. Indra belum bersedia menyebutkan  satelit baru nanti berteknologi S-Band atau Ku-Band.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s