Pemerintah Rayu Samsung untuk Bangun Pabrik di Indonesia

0cf942b1035175520121978ad5af55f2

Pemerintah Indonesia  terus  berusaha mendorong PT Samsung Electronics Indonesia, vendor produk komputer dan ponsel asal Korea Selatan, membangun pabrik produk ponselnya di Indonesia. Selama ini Samsung Indonesia hanya mengimpor produk ponsel dalam bentuk jadi, yang pada tahun lalu nilainya mencapai US$ 1,2 miliar atau setara 30% dari total impor ponsel Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh MS Hidayat (Menteri Perindustrian) pada  manajemen PT Samsung Electronics Indonesia. Menurut Hidayat, dengan terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan No 82 Tahun 2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet serta Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 83 tentang Ketentuan Impor Produk Tertentu, ada kekhawatiran produk Samsung  akan mengalami kesulitan untuk  mengimpor produknya ke Indonesia.

Seperti diketahui sebelumnya, dalam 2 peraturan yang efektif berlaku 1 Januari 2013, disebutkan importasi telepon seluler, komputer genggam, dan komputer tablet hanya dilakukan oleh Importir Terdaftar (IT) yang mendapat Persetujuan Impor (PI) dari Kementerian Perdagangan, dan mengantongi Tanda Pendaftaran Produk (TPP) impor dari Kementerian Perindustrian.

Selain itu, pemegang IT, hanya bisa menjual barang yang diimpornya melalui distributor, tidak bisa langsung ke pembeli eceran (retailer). Peraturan tersebut juga membatasi impor melalui Pelabuhan Laut Belawan (Medan), Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Emas (Semarang), dan Tanjung Perak (Surabaya). Kemudian Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), Polonia (Medan), Soekarno-Hatta (Tangerang), Ahmad Yani (Semarang), dan Djuanda (Surabaya).

Oleh karena itu, dengan usulan Samsung membangun pabriknya di Indonesia, selain ‘memotong kompas’  regulasi impor yang sulit, Samsung juga memberikan lapangan kerja bagi SDM di tanah air. Apalagi penjualan produk-produk Samsung  tergolong  pesat di Indonesia.

Sebagai informasi, sebelumnya Foxconn Technology Co, pabrikan pembuat iPhone milik Apple Inc, berencana membangun pabrik di Indonesia. Foxconn akan membangun pabrik di atas lahan seluas 500 hektar dengan kapasitas produksi awal sebanyak 3 juta unit per tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s