Google Lebur Divisi Android dan Chrome Jadi Satu

91a77825604ff6cf0faca3941c6501ab

Dianggap berada di jalur kepentingan bisnis yang sejalan, Google dilaporkan melebur divisi software, yakni Chrome dan Android (13/03). Langkah ini dilakukan menyusul mundurnya bos kepala divisi Android Andy Rubin, yang mana merupakan pentolan penggagas platformAndroid ‘free open sources’ di Google Inc.

Kini divisi Chrome dan Android dipercayakan pada Chief Executive Senior Google, Sundar Pichai. Langkah Google ini dilakukan untuk mengemas kedua divisi tersebut menjadi satu, demi berfokus pada bisnis inti mesin pencari (search engine) dan keterkaitannya dengan perangkat mobile.

036ddcbc411a254141effbdf45a2edc8

Seorang analis Michael Gartenberg mengurai pendapatnya, dimana dilansir oleh Reuters yang menyatakan bahwa Google punya OS Chrome dan Android, keduanya dibangun bersamaan saling tumpang tindih. Meskipun berjaya di platform Android tetapi Chrome rasanya tetap menjadi fokus inti strategi Google yang lebih memandang Chrome sebagai ekosistem serta murni ekspresi filosofi mereka, bukan dilihat lewat platformnya.

Penggabungan kedua unit itu digambarkan sebagai langkah Google mencengkramkan kuku bisnis mereka di ranah perangkat lunak dan komputer desktop. Browser Chrome diawali peluncuran perdana pada tahun 2009 dengan membawa visi membangun jaringan dan ekosistem berbasis web, sementara di segmen aplikasi sebelumnya Google mengakuisisi sistem operasi Android tahun 2005 dan pesat berkembang menjadikan platform tersebut sebagai pemicu ekonomi bisnis mobile dunia dan membawa berkah kepada pengembang aplikasi pengikut dari pengembang aplikasi pihak ketiga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s