Yuk, Intip ‘Contekan’ Bahasa Gaul Digital Buat Orangtua

PEMATANG SIANTAR – Bagi mereka yang setiap hari wara-wiri di internet — khususnya para anak muda — pasti sudah familiar dengan kata ‘LOL’ atau ‘BRB’. Namun bagaimana bagi para orangtua, terutama yang jarang online?

Pasti mereka agak kesulitan untuk meraba bahasa gaul digital anak muda sekarang. Namun jangan khawatir, berikut ‘contekannya’ yang bisa diintip para orangtua.

Menurut laporan Norton, ada sekitar 89% pengguna internet yang intensif di Indonesia. Dimana kini tidak hanya anak muda yang terhubung dengan internet, kita sudah jamak melihat orangtua bahkan kakek-nenek berselancar di dunia maya.

Nah, pernahkah orangtua Anda kebingungan dengan LOL (laugh out loud) dengan ‘lots of love’? Apakah mereka mengerti kalau Anda akan ‘benar-benar kembali’ saat mengatakan BRB?” kata Norton.

“Atau apakah Anda pernah menjelaskan jika Anda tidak sedang berguling-guling ketika Anda benar-benar tertawa sampai terguling-guling (rolling on the floor with laughter/ROFL)? Mari berharap kalau LMFAO tidak perlu dijelaskan lagi,” lanjutnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (14/3/2013).

Untuk membantu para orangtua paham akan kebingungan di media sosial, Norton telah membuat ‘kertas contekan untuk orangtua’ yang menguraikan akronim pada media sosial serta menyoroti beberapa tips untuk membantu orangtua tetap aman saat online.

Jadi, sementara kakek-nenek Anda belum sepenuhnya mengerti mengapa Anda mengakhiri percakapan dengan TTYL (talk to you later), dengan sedikit edukasi mereka dapat belajar untuk tidak hanya memahami, namun juga menerima media sosial.

Pernyataan Populer:

B4 (Before) – Seharusnya tidak bingung dengan langkah populer dari papan permainan tahun 1967 “Battleship”

BRB (Be Right Back) – Sementara untuk para orangtua Indonesia, itu mungkin berarti hanya jeda lima menit saat chatting. Jika Anda tinggal di Inggris, itu juga merujuk pada Badan Perkeretaapian Inggris, The British Railway Board (Dewan Kereta Api Inggris).

BTW (By the Way) – Terkadang salah diartikan menjadi ‘Behind the Wheel’ (di belakang setir), tapi tidak satupun yang diperbolehkan menggunakan media sosial ataupun berkirim pesan saat berkendara.

GF (Girlfriend) – Kadang bisa diartikan menjadi ‘Gluten Free’.

LOL (Laugh Out Loud) – Terkadang bisa diartikan menjadi ‘Lots of Love’, yang akan ditafsirkan sebagai sangat sensitif jika sedang digunakan untuk mengekspresikan cinta pada media sosial berupa penderitaan atau kehilangan. Juga bisa dikira sebagai istilah medis untuk menggambarkan ‘Little Old Ladies’.

N.B. Meskipun terbiasa untuk menulis akronim dalam huruf besar, namun jangan pernah menuliskan akhir pesan Anda dengan HURUF BESAR. Itu terlihat seperti Anda sedang berteriak!

Norton sendiri menyarankan akronim untuk keamanan saat online bagi para orangtua:

AST (Always Stop and Think) – sebelum klik suatu tautan, membuka lampiran, berbagi informasi personal maupun informasi keuangan, pikirkan secara logis dan rasional, jika tidak terlihat 100% benar, maka kemungkinan besar bukan.

DACS (Don’t Add Complete Strangers) – Jika seseorang ingin menjadi teman Anda namun Anda tidak mengenalnya, jangan tambahkan mereka.

SIP (Strengthen and Install Passwords) – Pastikan untuk membuat password yang kuat dan ganti secara berkala. Penting pula untuk melindungi password di smartphone dan tablet Anda untuk menambah proteksi. Jika perangkat tersebut hilang, siapapun yang menemukan dapat mengakses berbagai macam informasi pribadi.

SWISS (Secure With Internet Security Software) – periksa bahwa Anda memiliki software keamanan internet komprehensif yang telah diinstal pada semua komputer dan perangkat mobile, termasuk smartphone dan tablet.

TBYC (Think Before You Click) – Jangan sembarang klik tautan pada jejaring sosial dan abaikan klik pada konten sensasional mencurigakan, judul-judul yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s