Jangan Takut Hadapi UN!

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 tinggal satu bulan lagi. Mendekati hari H, para siswa kelas XII pun menjadi semakin was-was. Bahkan, banyak siswa SMA merasa takut tidak mampu menjawab soal-soal yang ada dalam UN.
Untuk itu, Kabalitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar mengimbau agar para siswa menanggapi UN dengan santai. Menurut Khairil, ada empat alasan mengapa para siswa harus membuang rasa takut mereka jauh-jauh ketika akan menghadapi UN.
Pertama, lanjutnya, ujian merupakan sebuah kegiatan evaluasi yang kerap dihadapi para siswa. “Kegiatan ujian itu mirip evaluasi hasil belajar, jadi sudah sering dialami oleh siswa,” ujar Khairil kepada Okezone melalui Blackberry Messenger (BBM), Kamis (14/3/2013).
Ketakutan mereka, kata Khairil, tidak beralasan. Sebab, alasan kedua mereka tidak boleh takut adalah tingkat kelulusan di Indonesia setiap tahun terus meningkat. “Pada umumnya siswa berhasil lulus UN. Tingkat kelulusan mendekati 100 persen,” imbuhnya.
Dia menjelaskan, keberadaan 20 paket soal bukan untuk menakuti para siswa. Tindakan tersebut dilakukan untuk meminimalisasi adanya ketidakjujuran alias mencontek antarpeserta ujian. Selain itu, setiap siswa hanya akan mengerjakan satu paket soal, bukan ke-20 paket soal.
“Memang benar ada 20 macam soal. Tapi tingkat kesulitan antarsoal sudah dikalibrasi sehingga sama atau setara satu sama lain,” ungkap Dekan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.
Sementara itu, alasan keempat adalah UN ingin mengajarkan nilai-nilai kejujuran kepada para siswa. Sehingga ke depan, para siswa dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
“Adanya 20 paket soal ditujukan agar peserta UN percaya diri dan tidak terganggu dari kiri-kanan atau depan-belakang. Kalau anak-anak mengerjakan sendiri maka ada nilai lebih yang bisa menjadi bekal mengarungi hidup nanti, yaitu kejujuran,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s