3DS Langgar Paten, Nintendo Dikemplang Rp 290 Miliar

Jakarta – Pelanggaran paten kembali terjadi, kali ini dialami produsen konsol game Nintendo. Bahkan perusahaan yang bermarkas di Kyoto, Jepang tersebut telah divonis bersalah oleh juri federal New York dan wajib membayar denda USD 30,2 juta atau sekitar Rp 290 miliar.

Menariknya yang mengajukan gugatan terhadap Nintendo bukanlah berasal dari perusahaan lain melainkan seorang mantan pekerja Sony bernama Seijiro Tomita.

Dalam gugatannya, Tomita menggugat Nintendo terkait teknologi 3D tanpa kacamata yang tersemat pada layar yang digunakan pada produk konsol game portabel 3DS garapan Nintendo.

Meski awalnya melalui pengacaranya Scott Lindvall pihak Nintendo sempat mengelak terhadap gugatan yang ditujukan padanya, dengan cara mengatakan bahwa produk konsol game potabel 3DS menggunakan metode yang berbeda dengan paten milik Tomita.

Namun pada akhirnya proses peradilan yang dilakukan di kantor pengadilan distrik Manhattan, AS tersebut memenangkan Tomita.

“Kami berterima kasih kepada para juri atas ketekunan dan kerja keras. Sebuah kehormatan untuk mewakili Tuan Tomita dan untuk melindungi penemuannya,” ucap Joe Diamante, pengacara Tomita sesaat setelah memenangkan gugatan, seperti dikutip All For Love dari Slashgear, Kamis (14/3/2013).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s