10 Smartphone Samsung Paling Ikonik

Jakarta – Samsung kini meraksasa sebagai produsen ponsel terbesar di dunia. Handset flagship mereka yang akan segera diperkenalkan, Galaxy S IV, ditunggu banyak orang.

Samsung sudah lumayan lama memproduksi smartphone. Dengan beragam sistem operasi dan bentuk. Beberapa berhasil menuai kesuksesan di pasaran.

Beberapa smartphone besutan Samsung berikut ini boleh dibilang ikonik dan turut menjadi saksi sejarah kejayaan Samsung di arena ponsel cerdas. Simak daftarnya.

 

1. Samsung SPH-I300 (October 2001)

Samsung sudah cukup lama membuat ponsel layar sentuh. Salah satunya SPH I300 ini yang dirilis di Amerika Serikat untuk operator Verizon di tahun 2001.

Handset ini berbasis sistem operasi Palm. Interfacenya memang tidak sekeren handset layar sentuh zaman sekarang, bahkan pakar teknologi yang melakukan review pun masih merasa aneh memakai layar sentuh.

“Ketidakuntungan memakai layar sentuh adalah Anda tidak akan merasakan menyentuh tombol,” kata Bruce Brown dari PCMag ketika itu.

2. Samsung SGH-i607 BlackJack (November 2006)

Tahun 2006, BalckBerry mencetak hits besar di industri smartphone. Samsung mencoba membuat tandingannya ketika itu, yakni Samsung SGH-i607 BlackJack.

BlackJack memakai sistem operasi Windows Mobile. Memang sejak dahulu, Samsung boleh dibilang telah mencoba semua jenis sistem operasi mobile yang dinilainya potensial.

Menilik bentuknya, BlackJack sedikit banyak terinspirasi dari BlackBerry. Handset ini lumayan populer pada zamannya.

3. Samsung Instinct (Juni 2008)

4. Samsung Omnia SCH-i910 (Desember 2008)

 


Samsung Omnia adalah salah satu ponsel pertama yang memakai kustomisasi software TouchWiz yang sekarang umum dipakai di smartphone Samsung. Omnia memakai sistem operasi Windows Mobile.

Omnia dipromosikan cukup besar-besaran ketika itu. Dengan desain dan software yang lumayan baik, Omnia digadang-gadang jadi lawan sepadan iPhone.

Menilik bentuk dan kemampuannya, Omnia boleh dibilang adalah nenek moyang ponsel kelas atas Samsung zaman sekarang.

5. Samsung Galaxy S (Maret 2010)

Berbagai model smartphone yang dirilis Samsung untuk menandingi kejayaan iPhone tidak menuai sukses seperti harapan. Barulah ketika Galaxy S dirilis, iPhone mulai terkejar.

Edisi pertama Galaxy S diperkenalkan pada Maret 2010. Kombinasi hardware yang tangguh dan sistem operasi Android yang sudah matang membuatnya diminati konsumen.

Handset ini terjual lebih dari 10 juta unit. Dan seri berikutnya bahkan menuai popularitas dan penjualan yang lebih tinggi.

6. Samsung Focus (Oktober 2010)

 

 
Selain Android, Samsung juga melirik OS Windows Phone dari Microsoft meski tidak terlalu gencar. Handset Windows Phone awal buatan mereka adalah Samsung Focus.

Focus diedarkan secara terbatas, terutama di Amerika Serikat. Handset ini dibekali desain menarik dan spesifikasi yang lumayan maju, seperti layar 4 inch Super Amoled.

Sampai sekarang pun, Samsung masih terkesan irit merilis handset Windows Phone. Seolah hanya menjadi pelengkap dari Android.

7. Samsung Galaxy S II

Galaxy S II adalah salah satu smartphone tersukses dalam sejarah Samsung. Handset ini terjual puluhan juta unit dan sampai kini masih diminati banyak orang.

Dengan desain cantik dan performa powerful, mayoritas pengamat teknologi memuji kemampuan Galaxy S II. “Smartphone terbaik saat ini,” tulis situs teknologi Engadget.

Januari 2013, 40 juta unit Galaxy S II sudah terjual. Membuatnya sebagai salah satu produk teknologi terlaris sepanjang masa.

8. Samsung Galaxy Nexus (Desember 2011)

Tahun 2011, Samsung dipercaya Google untuk membuat smartphone Nexus. Sebelumnya, Google menggandeng HTC untuk membuatnya.

Ponsel tersebut diberi nama Galaxy Nexus. Dengan OS Android murni tanpa kustomisasi serta desain unik dengan layar yang dirancang melengkung.

Galaxy Nexus mendapat sambutan lumayan baik dari pasar dengan banderol yang masuk akal. Sampai saat ini, handset tersebut masih banyak dicari.

9. Samsung Galaxy Note (Februari 2012)

Di awal kehadirannya, cukup banyak orang yang mencibir Galaxy Note. Handset ini dianggap kebesaran dan tidak jelas ditujukan untuk apa.

Namun demikian, Samsung sukses membungkam segala kritikan. Di mana Galaxy Note laris manis dan mempopulerkan kategori produk mobile yang dinamakan phablet.

Salah satu nilai jualnya adalah keberadaan stylus berjuluk S Pen. Stylus yang dibuat bersama Wacom ini mempunyai beragam fungsi menarik.

10. Samsung Galaxy S III (Juli 2012)

Galaxy S III diperkenalkan di London bulan Mei 2012 dan dipasarkan tidak lama setelahnya. Handset ini sangat laris dan terjual puluhan juta unit dalam waktu singkat.

Kombinasi desain yang unik, fitur-fitur software canggih serta marketing besar-besaran membuat S III tidak dapat dihentikan. Bahkan sempat mengambil alih tahta iPhone sebagai smartphone terlaris.

Ekpektasi tinggi pun hadir untuk Galaxy S IV sebagai suksesor S III. Mampukah S IV meneruskan kejayaan S III? Kita tunggu saja.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s