Gempa Bumi Jepang “Terasa” Sampai Luar Angkasa??

FKVYRA2AMp

TOKYO – Gempa Bumi yang terjadi di Tohoku Jepang dua tahun lalu menimbulkan efek besar yang terasa hingga di tepi luar angkasa. Ilmuwan mengatakan, tremor Magnitude 9.0 pada 11 Maret 2011 mengirimkan gelombang suara melalui atmosfer hingga tertangkap satelit Goce.

Dilansir BBC, Senin (11/3/2013), melalui satelit luar angkasa tersebut, instrumentasi super sensitif mampu mendeteksi adanya gangguan. Sistem satelit dapat menangkap gelombang yang melewati gumpalan tipis hingga ketinggian 255 kilometer di atas Bumi.

Observasi ini dilaporkan dalam jurnal Geophysical Research Letters. Telah lama diakui bahwa gempa besar akan menghasilkan gelombang akustik yang sangat rendah frekuensi atau infrasonik.

Gelombang suara infrasonik ini merupakan jenis gemuruh yang mendalam pada frekuensi di bawah kemampuan telinga manusia. Namun, tidak satupun pesawat luar angkasa atau satelit yang dapat menangkap gelombang tersebut hingga kini.

“Kami telah mencari sinyal ini sebelum satelit lainnya. Saya pikir itu karena Anda memerlukan alat yang sangat baik,” kata Rune Floberghagen dari European Space Agency (Esa).

Ia mengatakan, akselerometer Goce memiliki ratusan kali lipat lebih sensitif ketimbang instrumentasi sebelumnya. “Kami mendeteksi gelombang akustik ini tidak hanya sekali, tetapi dua kali yang melewati atas Pasifik dan seluruh Eropa,” jelasnya.

Tujuan utama diluncurkannya satelit Goce ialah untuk memetakan perbedaan yang sangat halus dalam tarikan gravitasi di permukaan Bumi. Tarikan tersebut disebabkan oleh distribusi yang tidak merata dari massa di dalam planet.

Ilmwuan mengklaim sudah dapat mempelajari gempa Bumi dari luar angkasa. Khususnya, melalui penggunaan radar untuk memetakan deformasi tanah yang terjad

4 responses to “Gempa Bumi Jepang “Terasa” Sampai Luar Angkasa??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s